Judul praktik yang baik
|
Mengubah berpikir yang tidak nyata
menjadi kenyataan dengan alat peraga
|
Lokasi/alamat pelaksanaan praktik yang
baik
|
SDN Kedungadem I, Kedungadem, Bojonegoro, Jateng
|
Tingkat praktik yang baik
|
SD
|
Lingkup praktik yang baik
|
Kelas V
|
Masalah mengapa praktik yang baik ini
dianggap penting / latar belakang. Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi
masalah apa?
|
Banyak siswa mengalami kesulitan
belajar matematika yang hanya disampaikan dengan teori-teori yang abstrak dan
lambang – lambang bilangan yang sulit
dipahami. Khususnya dalam pengajaran materi operasional bilangan bulat guru
dapat menggunakan peraga garis bilangan modifikasi , untuk lebih mendekatkan
dari sesuatu yang abstrak atau tidak nyata agar lebih mendekati kenyataan
|
Tujuan praktik yang baik
|
Memanfaatkan media peraga yang murah
agar tujuan pembelajaran di kelas dapat tercapai secara maksimal
|
Penjelasan : Strategi , proses
/langkah kegiatan /sumber atau materi yang dibutuhkan
|
Kegiatan pembelajaran ini menggunakan
metode pembelajaran demonstrasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu
peraga murah yang dimodifikasi guru.
Sintaks pembelajaran di kelas yang dimaksud adalah :
· Siswa dalam
kelompok diskusi terdiri atas 3-4 orang dengan peran nya masing –
masing sesuai dengan kesepakatan kelompok
· Guru member contoh cara menyelesaikan operasional
bilangan bulat dengan cara demonstrasi menggunakan alat peraga
· Masing masing kelompok ke depan mencoba
mendemonstrasikan cara menyelesaikan soal seperti yang dilakukan guru
· Setelah memahami cara penyelesaikan soal dengan
demonstrasi, masing masing kelompok belajar
menyelesaikan soal dengan
beragam soal yang lain
· Setelah dapat menyelesaikan soal dengan berbagai
demonstrasi guru dan murid menarik kesimpulan
tentang konsep operasional bilangan yang abstrak menjadi konsep nyata yang
mudah dipelajari anak didik
|
Hasil dan dampak praktik yang baik
|
Meningkatnya semangat belajar anak
didik, karena tidak hanya melibatkan pikiran saja yang bekerja tetapi pisik
juga ikut berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, dengan diskusi dan kerjasama pada tiap kelompok.
Dampaknya pemahaman anak terhadap pembelajaran yang abstrak lebih mudah
dipahami dengan menggunakan alat peraga murah.
|
Informasi penulis (pelaku) nama,
alamat, nomor HP, alamat email
|
Suroto
SDN Kedungadem I, Kec. Kedungadem Kab.
Bojonegoro
HP. 081554768083
|
Kamis, 24 Juli 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar