Halaman

Kamis, 24 Juli 2014

TEMPLET PRAKTIK YANG BAIK

Judul praktik yang baik
Mengubah berpikir yang tidak nyata menjadi kenyataan dengan alat peraga
Lokasi/alamat pelaksanaan praktik yang baik
SDN Kedungadem  I, Kedungadem, Bojonegoro, Jateng
Tingkat praktik yang baik
SD
Lingkup praktik yang baik
Kelas V
Masalah mengapa praktik yang baik ini dianggap penting / latar belakang. Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa?
Banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika yang hanya disampaikan dengan teori-teori yang abstrak dan lambang – lambang bilangan yang  sulit dipahami. Khususnya dalam pengajaran materi operasional bilangan bulat guru dapat menggunakan peraga garis bilangan modifikasi , untuk lebih mendekatkan dari sesuatu yang abstrak atau tidak nyata agar lebih mendekati kenyataan

Tujuan praktik yang baik
Memanfaatkan media peraga yang murah agar tujuan pembelajaran di kelas dapat tercapai secara maksimal

Penjelasan : Strategi , proses /langkah kegiatan /sumber atau materi yang dibutuhkan
Kegiatan pembelajaran ini menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu peraga murah yang dimodifikasi guru.  Sintaks pembelajaran di kelas yang dimaksud adalah :
·      Siswa dalam  kelompok diskusi terdiri atas 3-4 orang dengan peran nya masing – masing sesuai dengan kesepakatan kelompok
·      Guru member contoh cara menyelesaikan operasional bilangan bulat dengan cara demonstrasi menggunakan alat peraga
·      Masing masing kelompok ke depan mencoba mendemonstrasikan cara menyelesaikan soal seperti yang dilakukan guru
·      Setelah memahami cara penyelesaikan soal dengan demonstrasi, masing masing kelompok belajar  menyelesaikan soal dengan  beragam soal yang lain
·      Setelah dapat menyelesaikan soal dengan berbagai demonstrasi guru dan murid  menarik kesimpulan tentang konsep operasional bilangan yang abstrak menjadi konsep nyata yang mudah dipelajari anak didik

Hasil dan dampak praktik yang baik
Meningkatnya semangat belajar anak didik, karena tidak hanya melibatkan pikiran saja yang bekerja tetapi pisik juga ikut berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, dengan  diskusi dan kerjasama pada tiap kelompok. Dampaknya pemahaman anak terhadap pembelajaran yang abstrak lebih mudah dipahami dengan menggunakan alat peraga murah.

Informasi penulis (pelaku) nama, alamat, nomor HP, alamat email
Suroto
SDN Kedungadem I, Kec. Kedungadem Kab. Bojonegoro
HP. 081554768083
             kedungademelementaryschool@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar